Langsung ke konten utama

Kerja sesuai passion? Pikir-pikir dulu deeee (Pt. 1)

HALO PIPOLLLL!!!!!

Lama tak jumpaaa wakakakakakkk

Terakhir gue nulis di sini dua tahun lalu ga, sih? Gue cerita soal gue udah lulus kuliah dan dapet kerja jadi tutor bahasa Inggris. Terus daftar CPNS tapi ga lolos. Terus nganggur selama beberapa bulan.

Nah, gue bakal sharing kelanjutannya. Pas gue nganggur, gue apply-apply kerjaan ke beberapa tempat.

Sampai akhirnya di antara mereka semua, ada perusahaan yang memproses CV gue sampai ke tahap selanjutnya, dan hamdalahnya, nggak digantungin.

Gue apply sebagai story writer webtoon. Gue suka nulis, gue suka berimajinasi, gue suka bikin karakter dan develop relationship mereka, develop karakter mereka, gue suka baca komik! Makanya pas temen gue ngabarin ada lowongan itu, gue langsung daftar tanpa pikir panjang.

Prosesnya pun panjang banget, gais. Dari proses CV, gue dites lagi buat nulis TIGA konsep cerita + naskah episode pilot-nya (yang pada waktu itu gue sama sekali ga tau apa itu episode pilot wakakakakkk) hanya dalam waktu 24 jam. 

DAN TERNYATA, GUE LOLOS TESNYA.

Terus gue dipanggil buat interview sama HRD-nya. 

Terus gue kudu tes lagi tahap dua, nulis sinopsis + karakter. 

((dalem hati: ucetttt ketat ugha ini penyaringannya))

Gue bikin cerita fantasy penuh drama, totalnya 12 halaman, hanya dalam 24 jam!!! DAN TERNYATA LOLOS LAGI.

Terus gue di-interview sama dua user dan CEO-nya. LANGSUNG AMA CEO. GUE DEG-DEGAN MAMPUS KERINGET DINGIN. Gue udah berasa kek serpihan debu ga berguna yang bisa mereka tiup kapan aja. Tapi ya, udah tahap akhir, gue mikirnya ya just do my best, kalo lolos let's go, kalo ngga ya udah lah ya, bukan rezeki.

DAN TERNYATA..... LOLOS. GUE LOLOS????? 

Saat itu gue excited banget. Bisa kerja sesuai passion gue, di lingkungan dengan rekan-rekan kerja yang satu interest sama gue, dapet makan siang, pulang bisa tenggo.

It was all nice and all at the start, but not for long.

Sebagai script writer, tugas gue adalah bikin konsep cerita original. Don't get me wrong, I love creating original stories! I came up with many ideas, but unfortunately, not many of them came through. Dari tiga ide yang gue sajikan, tiga-tiganya bisa ditolak. Gue setor 10 ide, bisa jadi cuma dua yang lolos. Dan dari dua yang lolos itu pun, bisa jadi dari pihak publisher nggak nerima dua-duanya. Mulai saat itulah, tekanan demi tekanan mulai muncul dan membuat hidup gue gonjang-ganjing.

Selain otak yang terus-terusan diperas untuk memproduksi ide cerita yang menarik dan menjual, gue juga kudu tahan tekanan untuk presentasi ide di depan CEO. My shy introvert anxious ass was tested every week!! Percaya ama gue, pas kuliah gue ada kelas wajib public speaking and i did pretty great at that class. Tapi sekuat apa pun gue berusaha chill, tetep aja jantung ga bisa dikontrol deg-degannya. Mana kadang gue suka salah, berkali-kali bikin CEO gue bete dan kecewa :"(

Ditambah lagi, ada deadline. Dan revisi yang terus-terusan datang. Gue pernah working on a story concept and it got revised 10x. SEPULUH KALI.

And I couldn't get a proper, relaxing rest nor me-time. NOT AT ALL. 

Tiap weekend gue anxious. Gue selalu minta bokap gue boncengin gue buat jalan-jalan sore cari angin biar relax. Tiap nonton film, tiap baca komik, otak gue selalu mikir macem-macem skenario yang bisa gue taro di cerita gue. Pikiran nggak pernah tenang.

Berat badan gue turun, dan jujur-jujuran aja nih ya, siklus menstruasi gue juga jadi ga lancar. Udah mulai ga sehat.

Pekerjaan yang gue pikir bakal menyenangkan malah jadi menyiksa badan dan batin gue. Keinginan buat resign pun lewat di pikiran gue. Tapi pun gue maju mundur buat ambil keputusan itu. Gue ngerasa payah dan lemah banget baru kerja tiga bulan udah resign. Gue ngerasa harusnya bisa lebih kuat lagi. Tapi semakin ke sini semakin stress, dan akhirnya gue pun resign beneran setelah extend satu bulan, meninggalkan dua cerita yang lagi on-progress.

Aslii gue ngerasa berdosa banget, sih. Bahkan aftermath-nya bikin gue kepikiran sampe berbulan-bulan karena gue ninggalin dua cerita itu, gue ninggalin rekan-rekan kerja yang enak dan baik, tapi gimana ya... my friend said that in business, we're expendables, and i agree. Working for another month would do no good for me.

Jadi, begitulah guys pengalaman gue kerja sesuai passion. Personally, I would not recommend doing it wkwkwkwkk. Kecuali kalo lo kuat secara mental dan fisik karena sekali lagi, walau sesuai passion, lo kerja di bawah orang lain, lo kerja buat memenuhi ekspektasi perusahaan. Apa yang menurut lo bagus, belom tentu bagus di mata mereka. Belum lagi dikejar-kejar deadline.

But is it always bad? No! 

Akan gue lanjutkan ceritanya di part 2 yeaaa wkwkwkkk.

Kalau kalian gimana? Apakah mengalami pengalaman yang mirip kek gue? Jangan malu-malu buat sharing di komentar yeaaa!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saya kecewa -_-

Gue kecewaaaaaaa!!! *nangis darah Sedih, pasrah, melarat...... Q____Q *ditabok sama readers Oke, oke. Alhamdulillah, nggak separah itu kok. Maafkan saya atas kegajean yang terjadi =u=v *peace bro!  Gue kalah dalam lomba gambar... Hiks...

Free Day

Yeaaaah! This is what are anak-anak seantero jagat want... HARI LIBUUUUR! *yaah, nggak semua anak mengaharapkan hari libur siih... #LEBAY AMAT LO!! >:O /PLAK *dilempar sepatu sama orang marah *entah siapa =_= Skip kata-kata weird barusan... Yup. Hari ini, Hari Jum'at, tanggal 13 April 2012, gue dan temen-temen seangkatan gue yang kelas 9 di SMPN xxx (bukan 101010 yak! XD), Jakarta... LIBUUR! Kata guru-guru di sekolahan, kita anak-anak kelas 9 butuh istirahat yang cukup. Otak kita telah dipenuhi puluhan soal 'program latihan menuju UN' (seperti try out). Istirahat sekali-kali kan manjur juga untuk merilekskan diri kita >< Heeem, semoga gue gak terlalu bosen-bosen amat di rumah. Palingan kerjaan gue hari ini adalah mejeng di depan laptop sampe jam 6 sore... *edeh buset =_= Uii, buat lo-lo yang lagi libur pada hari ini, have a happy day! (>3<)~ Jaa~

Cara Membuat Brush di Adobe Photoshop CS3

Heey-hoo! gue kembali lagi~ ^^ Kali ini, gue pengen ngasih tutorial cara membuat brush di adobe photoshop. Tutorial ini gue peruntukkan untuk kalian yang suka ngedit-ngedit di photoshop, dan yang udah bosen sama brush Photoshop yang itu-itu aja   Hihi 1. Buka aplikasi Adobe Photoshop dan buat layer baru (ukuran bebas, tapi jangan terlalu besar) Disini gue buat layer ukuran 200 x 200 Pixels